Pelopor Motor Underbone di Indonesia.
Saat ini yang kita kenal dan paling tenar adalah Suzuki Satria F150 dengan kapasitas 150cc 4tak DOHC. Tapi apa Anda tau pada era tahun 90-an kebawah?, ada motor underbone lain nya yang legendaris?? Mari kita flashback dunia otomotif.
Yamaha Champ.
Motor pertama underbone dengan kapasitas 100cc mesin 2tak. Motor ini juga langsung banyak di pakai oleh para pembalap di eranya terutama di ajang road race. Primadona di jamannya.
Yamaha Champ |
Yamaha Tiara.
Tenaga yang sudah berani dengan 120cc dengan mesin 2tak. Sebuah inovasi dan penggebrak dunia roda dua. Motor ini sudah di lengkapi double disc brake dan monoshock. Yang membuat motor ini makin gagah. Motor ini juga sudah melegenda di dunia otomotif terutama di dunia drag race. Sayangnya motor ini tidak berumur panjang di Indonesia karena harus indent dari Thailand. Karena harga yang harus merogoh kantung dalam-dalan, motor ini jadi kurang peminatnya. Selain itu keterbatasan spare part di dalam negeri membuat motor ini hilang di makan waktu.
Yamaha Tiara |
Honda Nova Dash.
Dari honda juga keluar dari Thailand untuk menyaingin Yamaha Tiara. Dengan kapasitas 125cc dan mesin 2tak. Motor ini sering di juluki "Slow but Killer" dan sangat di kagumi di kalangan dunia Drag Race. Nova Dash menjadi pilihan utama di kalangan balap liar di negara Thailand. Tapi sayangnya Nova Dash belum sempat penapakan jejak ban nya di aspal Indonesia.
Honda Dash 125cc 2tak |
Honda Sonic.
Karena Nova Dash indent dari Thailand dan bermesin 2tak. Honda keluarkan motor sejenisnya tapi dengan mesin 4tak dan berkapasitas 125cc. Motor ini di Indonesia sudah sangat langka dan jarang tapi sekarang Honda Sonic renkarnasi motor ini menjadi Honda CS-1. Rencananya Honda akan keluarkan Sonic 150cc dan 250cc. Entah inovasi dari CS-1 yang terpuruk atau inovasi terbaru dari Honda untuk bisa bersaing di dunia otomotif.
Honda Sonic 125cc 4tak |
Kawasaki Tuxedo
Kawasaki juga tidak mau kalah, mereka mengeluarkan motor ayam jago juga. Berkapasitas mesin 110cc dengan mesin 2tak. Jika di perhatikan motor ini saudara tuanya Kawasaki Kaze yang kita kenal saat ini. Motor ini hadir awalnya ingin menyaingi Yamaha Champ. Kawasaki Tuxedo tidak sempat mampir di Indonesia karena di Thailand sendiri kalah saing dengan merk pasaran motor lainnya. Namanya pun hanya sedikit dari mereka yang mengenalnya.
Kawasaki Tuxedo 110cc 2tak |
Suzuki RK-Cool
Sebelum ada Satria 2tak, Suzuki mengeluarkan motor RK-Cool dengan kapasitas 120cc dan mesin 2tak. Tapi sayang, umur motor ini tidak lama di dunia otomotif karena spare part yang langka dan mahal. Selain itu penampilannya kurang di minati oleh konsumen. Maka dari itu, di gantikannya produk baru yaitu Suzuki Satria 2Tak sebagai penggantinya.
Suzuki RK-Cool 120cc 2tak |
Suzuki Raider.
Saat ini yang kita kenal adalah Suzuki Satria F150. Tapi sebelum Satria F150 keluar, ada yang lebih awal yaitu Suzuki Raider dengan kapasitas 150cc dan mesin 4tak. Jika di perhatikan Suzuki Raider ini tidak beda jauh penampilannya dengan Suzuki Satria F, ya jelas karena dia adalah abang nya Satria F.
Suzuki Raider 150cc 4tak |
Suzuki Akira dan Stinger
Di era tahun 80-an juga ada motor ayam jago. Yaitu Suzuki Akira yang dari Vietnam dan Suzuki Stringer dari Thailand masing-masing berkapasitas 120cc dan mesin 2tak. Sebenarnya kedua motor ini sama, hanya saja beda negara beda nama. Dan kedua motor ini ada sebelum Suzuki Satrai R 2tak dan Suzuki RK-Cool yang telah mengalami banyak perubahan.
Suzuki Akira 120cc 2tak |
Suzuki Stinger 120cc 2tak |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar