Motor Terhebat di Jamannya

Motor Terhebat 4 Silinder 250cc

   Sangat disayangkan motor sport 4 silinder 250cc 4tak sudah tidak diproduksi oleh pabrikan-pabrikan terkenal. Rata-rata tenaga yang dihasilkan motor 4 silinder ini diatas 40 hp dan kecepatan bisa mencapai 190-200kph. Berikut adalah daftar beberapa motor eksotis bertenaga 250cc 4 silinder

Honda CBR-250RR
   Ada 5 generasi yakni generasi model 1986,87,88-89, 90-93 dan terakhir 94-99. CBR 250 menggunakan mesin 250cc inline four-16 katup, pendingin air. Untuk 4 generasi awal tenaganya 45 PS namun pada generasi terakhir disunat menjadi 40 ps karena regulasi. dry weight 142kg.

Honda CBR 250-RR

Yamaha FZR-250
   Ada 2 generasi. Generasi pertama tahun 86-88 dinamakan FZR generasi selanjutnya sampai th 94 dinamakan FZR250R. Mesin yang dipakai 249cc, 4 Silinder DOHC dengan Yamaha’s exhaust power valve technology – EXUP (EXhaust Ultimate Power). Tenaga 45 PS. Dry weight 140-146kg.
Yamaha FZR 250

Kawasaki ZXR-250
   Ada 2 generasi ZX 250A th 1988-1991, dan ZX 250C th 1992-2004. Mesin yang dipakai 249CC Inline four-DOHC-Liquid cooled. Tenaga 45 HP, dan setelah 1993 menjadi 39Hp karena regulasi. Dry weight 141kg.
Kawasaki ZXR 250

Suzuki GSX-R 250
Diproduksi tahun 1987-1990, menggunakan mesin 248cc- inline-four, DOHC, Liquid cooled, tenaga yang dicapai 45Hp. Dry weight 138kg.
Suzuki GSX-R 250

   Karena regulasi negara-negara maju yang umumnya membatasi untuk motor beginner class mempunyai power maksimal 33 hp mengakibatkan produsen mematikan motor-motor eksotik ini. Selain itu konsumen juga bakal mikir 2x untuk membeli motor sport 250cc yang harganya mendekati moge 600cc.

   Kapasitas cc kecil bukan berarti murah loh. Yang jelas motor-motor era 90 terkenal edan!!! Bayangkan saja motor sekarang 250 cc paling tenaganya 33Hp dan berat kosongnya 150Kg-an. Jauh sama motor-motor diatas meski 4 silinder berat kosongnya cuma 140kg. Selain ringan kenceng tapi kalo rontok pasti pusing bongkar mesinnya, bayangkan saja 1 silindernya cuma berkapasitas 62cc, belum lagi DOHC, parts nya imut tapi oke. (SCUT)

Tidak ada komentar: