Motor seribu satu rakyat, banyak peminatnya. Terkenal irit, bandel dan bertenaga. Tapi tidak sedikit diantara mereka yang masih kurang puas. Mesin masih di oprek alias di bore up naik piston. Kali ini Admin SCUT akan memberikan tips dan info tentang bore up aman dengan kapasitas mesin yang sederhana dan biaya terjangkau. Dan masih aman untuk di bawa harian dan touring.
Part Kit Karburator
Pilot Jet standard Honda Revo 110 atau Blade 110 bernomorkan 35. Cukup naikan menjadi 38. Untuk Main Jet standard Revo 110 atau Blade 110 bernomorkan 88, naikan menjadi 90.
![]() |
Spuyer Pilot Jet dan Main Jet Revo 110/Blade 110 |
Lalu jangan lupa untuk menggantikan Nozzle Main Jet standard Revo 110 / Blade 110 menggunakan Nozzle milik Yamaha Mio. Di pilih nozzle Yamaha Mio karena lubang nozzle lebih banyak daripada nozzle standard Revo 110/Blade 110. Biaya total keseluruhan untuk part kit sekitar 100ribu sampai 150ribu.
Nozzle Mio lebih banyak lubangnya daripada milik Revo 110/Blade 110 |
Manifold.
Manifold intake atau biasa di sebut leher angsa di reammer atau di perbesar lubangnya dengan tuner. Kurang lebih di perbesar 2,5mm untuk harian. Biaya pengerjaan ini tergantung bengkel, dari 25ribu-50ribu.
![]() |
Perbesar lubang manifold menggunakan tuner |
Head silinder bagian utama pembakaran dan pembuangan. Cukup menggantikan per klep standard Revo 110/Blade 110 dengan menggunakan per klep Suzuki Smash yang berharga 120ribu sepasang.
![]() |
Per klep Suzuki Smash menjadi pilihan |
Lubang IN dan EX pada head silinder juga ikut di perbesar dengan tuner. Besar lubang sama dengan manifold yaitu 2,5mm perbesarnya. Biaya pengerjaan ini total semua antara 100ribu-150ribu.
Untuk klep dan noken as, masih optional. Boleh di ganti dengan klep yang lebih besar dan noken di ganti dengan aftermarket atau dibubut. Tapi kali ini Admin SCUT hanya menggunakan ukuran klep standard dan noken standard. Karena di yakinkan masih nyaman buat harian dan touring.
Piston
Silinder Honda Revo 110/Blade 110 memiliki boringan yang tebalnya 5mm. Piston standard Revo 110/Blade 110 memiliki ukuran 50mm. Supaya aman dan masih bisa di gunakan untuk harian dan tidak overheat (kepanasan). Banyak pilihan piston yang bisa di gunakan. Tapi batasannya hanya sampai piston ukuran 52mm untuk harian aman.
Bisa menggunakan piston berukuran 51mm yaitu piston Honda Revo 110/Blade 110 oversize 100. Piston Jupiter Z 51mm oversize 0. Piston vario 110 oversize 100. Jika menggunakan piston berukuran 51mm, kapasitas mesin naik menjadi 115cc.
![]() |
Piston Standard Revo110/Blade 110 berukuran 50mm |
Batas aman pada bore up harian Honda Revo 110/Blade 110 yaitu menggunakan piston 52mm. Bisa menggunakan piston jupiter Z oversize 100. Atau piston aftermarket seperti CLD dan NPP. Kali ini Admin SCUT menggunakan piston berukuran 52mm dengan harga antara 120ribu-160ribu per satu set piston. Jika menggunakan piston berukuran 52mm, kapasitas mesin menjadi 120cc.
![]() |
Piston NPP set menjadi pilihan |
CDI
Pengapian pada CDI menggunakan CDI aftermarket yaitu BRT hyperband untuk harian. Seharga 450ribu-550ribu.
![]() |
CDI BRT Hyperband yang bergeser batas limit nya |
Kepala busi atau cangklong busi menggunakan punya Yamaha Mio. Terbukti fokus memberikan semburan api dan tidak goyang. Selain itu kepala busi Mio aman dari air. Harga kepala busi orisinil Yamaha Mio seharga 20ribu-35ribu.
Cangklong Busi Mio anti kemasukan air dan anti goyang |
Gunakan Busi Racing bertaraf Iridium atau Platinum. Dan ada kode berhurufkan R atau yang di maksud Resistor. Harga busi racing per unit antara 20ribu-35ribu.
![]() |
Busi TDR iridium |
Gunakan oli mesin bertakaran dingin. Seperti 15W-50 atau 20W-50. Untuk menghindari overheat.
Banyak knalpot racing aftermarket, gunakan knalpot aftermarket yang sudah teruji dan terjamin. Pastikan leher knalpot yang di gunakan besar. Ukuran leher knalpot standard berukuran diameter 24-25mm. Gunakan knalpot racing aftermarket atau handmade (bobokan) dengan leher yang besar, berdiameter 26-28mm.
![]() |
Banyak pilihan knalpot racing yang di rekomendasikan |
Bertujuan untuk melepas semua tenaga pada dapur pacu dan pastikan tekukan pada leher knalpot paling banyak hanya 2 tekukan. Karena semakin banyak tekukan leher knalpot maka semakin berat keluarnya pembuangan. Seperti pada leher knalpot standard Revo 110/Blade 110.
![]() |
Knalpot standard Revo110/Blade110 lehernya memiliki 3 tekukan |
Gir Akhir
Jika ban yang di gunakan masih ban ukuran standard yaitu 70/90-17 untuk depan dan 80/90-17 untuk belakang. Gir yang di gunakan antara 35/14 sampai 37/14. Gir belakang berukuran 35 bisa menggunakan dari Honda Supra 125 seharga antara 110ribu-130ribu per set.
Gir set milik Supra 125 berukuran 35/14-420 |
Pada perangkat kopling untuk Honda Revo 110/Blade 110 saat ini ada perangkat kopling set dari merk SyS. Pada dasarnya kopling standard Revo 110/Blade 110 tidak menggunakan per melainkan menggunakan diagfragma.
![]() |
Rumah kopling diafragma |
Sebenarnya kopling plat diagfragma masih memumpuni kapasitas mesin yang sudah di bore up harian. Tapi ada baiknya di ganti dengn merk SyS yang menggunakan 6 per dan 4 kampas kopling agar lebih menggigit. Rumah kopling SyS ini seharga 370ribu.
![]() |
Rumah kopling SYS 6 per dan 4 kampas kopling |
Jika ingin lebih maksimal, bisa menggunakan bak kopling manualnya juga dari SyS yang seharga 350ribu-400ribu.
![]() |
Bak kopling manual untuk Revo 110/ Blade 110 |
Setting klep
Jika sudah semua terpasang, setting ulang klep motor Anda sesuai kebutuhan. Selain itu tetap menggunakan bahan bakar Pertamax.
![]() |
Daftar setting klep untuk Blade 110/Revo 110 |
Total modal maksimal yang di butuhkan sebagai berikut.
Part Kit 150ribu
Perbesar manifold 50ribu
Per klep Suzuki Smash 120ribu
Perbesar In dan Ex 150ribu
Piston 52mm 160ribu
Biaya Korter silinder 60ribu
CDI BRT Hyperband 500ribu
Kepala busi 35ribu
Rumah kopling SyS 370ribu
Bak kopling manual 400ribu
Untuk oli, knalpot dan gir itu masih optional atau tergantung pilihan. Harga dan biaya yang di tampilkan adalah biaya termahal, jika ada yang lebih mahal dari Admin SCUT berikan, berarti mekanik Anda ingin cepat-cepat segara naik haji. (SCUT)
Berapa persen kenaikan tenaga om dengan semua perubahan itu?
BalasHapusSaya ingin mencoba teknik agan ini, yg ingin saya tanyakan, repair kit karbu yg cocok untuk revo 110 ini menggunakan merk apa dan belinya dmn?
BalasHapusdr standar 35/88 menjadi 38/90.
terima kasih
Kan udah dikasih tau di atas...pake punya mio
HapusKan udah dikasih tau di atas...pake punya mio
HapusPerlu di reamer gak gan? atau repairkit Mio sudah Pnp di karbu standar blade.
HapusTks ya Gan, Artikelnya
Apa cara ini tidak membuat mesin jebol?
BalasHapusBantu jawab : jebol atau enggak tergantung gimana pemakaiannya sih gan, sama oli ga bisa telat.
HapusMotor ane revonya pake piston 53mm ga ada masalah kok.
Hehe
Klo pake piston 53mm ngerubah boring gk gan apa di korter ajah
HapusKalo pake 53 belum ganti boring... sy skrg udh ganti boringan kaze 0 n gedein crankcase jarak sama tusuk sate 2 ml.. yang penting oli rus rutin.
HapusPake piston 53 apa perlu bubut crankshaft?
HapusGan apa kah bore up revo jadi 130cc harus ganti karburator?
HapusGan kalo naik jadi 54 itu harus ganti apa aja ya gan?
Hapusklo naik ke 54,5 punya ane pake karbu pwk 30,oli motul,gir 14/35, cdibrt imax 24step,klep std, peer klep mio,ban depan blkang ukuran 70/80 80/90 masih awet gan sampe sekarang uda ada 6bulan lebih ga pke radiator, yangpenting satu bulan rutin ganti oli mwehehehe
Hapusom, penggantian pilot jet dan main jet yang lebih gede itu tinggal pasang aja atau harus ngebor karburatornya...?
BalasHapusTinggal pasang aja om.. Karna yg ngebedain itu hanya lobang tengahnya aja..
HapusTinggal pasang aja om.. Karna yg ngebedain itu hanya lobang tengahnya aja..
HapusPernah sy coba,spuyer gk bs lngsung pasang,hrs nge drat ukurnya dl baru mau masuk itu spuyer.jgn2 yg nulis artikel gk prnh nyoba sndiri modifikasi ini,atau bs jd ini artikel copas.
HapusPernah sy coba,spuyer gk bs lngsung pasang,hrs nge drat ukurnya dl baru mau masuk itu spuyer.jgn2 yg nulis artikel gk prnh nyoba sndiri modifikasi ini,atau bs jd ini artikel copas.
HapusAh masa sih, spuyer gw pake pnp kok, ga pake ngedrat ulang
HapusGan, ane udah boreup gunain os jupiter z, trus tgal pasang aj atau harus bagiqn tepi piston harus d papas?
BalasHapusMotor saya sudah pakai seher Kaze 0 (53mm) masih aman buat harian gan.
BalasHapusYg penting oli ga telat aja kok. Kalo bisa pake oli mobil. Hehe
Karbu coba pake Arashi, makin manteb tuh tarikannya
Bener gan bisa pakein oli mobil?
HapusBener gan bisa pakein oli mobil?
HapusKlo pake ukuran 53 itu corter atau ganti boring?
HapusKalo motornya injeksi, bisa di terapin cara di atas?
BalasHapusKlw injeksi,,ganti aja gan pistonx pk punya vario 110 biar dongkrak kompresi dikit.
HapusBiar enak ecm pk juken brt,cam pk kawahara aja k1 knalpot ganti racing
abang posisi dmn.. klo gitu tolong garapin revo.ku
HapusOm mau nanya nih om motor saya pake gaze gocap nih tapi pengen naik pake blizt joy cepe om buat harian gimana yaa om, mohon masukan nya dong om
BalasHapusKlw utk spuyer klw cm sebatas ovz 100 g perlu ganti...standar aj cukup.
BalasHapusKalau piston bagusx pk vario 110 biar langsung plek klwpun pk jupiter yg ad harus samain coakan klep dan bila mana pantat piston kpanjangan harus di potong.
Klw ud pk kaze diameter 53 itu ud g bisa naik lagi kecuali bore up ganti liner...53 emang aman di pake tp mesin bisa overheat ap lg klw oli kurang bagus.
Revo absolute ane udah OS 100 pake piston beat merk RKN, putaran atas suhu mesin panas banget bro, ujung busi/elektroda nya berwarna putih, tanda terlalu irit. Gmn solusiny?
HapusKalo pakai pistonkaze langsung plek ato masih harus ngepasin kaya jupiter z
BalasHapusKalo pakai pistonkaze langsung plek ato masih harus ngepasin kaya jupiter z
BalasHapusMending pake piston revo ori honda tp oversize 100 gan tinggal pnp
HapusGan pilot jet dn main jet nya mio yang tipe apa?
BalasHapusThanks SCUT info.Nya...tpi saya mau pake knalpot R9 klo piston honda supra 125 gman...bro aman ga... Pling buat jarak max pergi 50Kilo aman ga bro 125cc
BalasHapuskalau.mw ganti karbu pe, mending pke yang 24 apa yang 28 gan? soalnya piston suda pakai punya vario os 100 dan per klep pake per sogun
BalasHapusmending pake pe 24 bang, kalo cc nya masih di bawah 150 cc...
HapusKlo mau bore up tanpa harus gantu kopling manual dan tanpa ganti knalpot racing gimana tuh? Jd kyk motor cupu tp pas diajak balap minder yg lain. Wkwkwk. Mohon dibalas. Terimakasih
BalasHapusItu kan cuman memaksimalkan aja dan seduai selera pemakai gan. Punyaku udah ganti kopling kharisma gak pake kopling manual .knalpot juga madih standart juga oke tenaganya
HapusItu kan cuman memaksimalkan aja dan seduai selera pemakai gan. Punyaku udah ganti kopling kharisma gak pake kopling manual .knalpot juga madih standart juga oke tenaganya
HapusIni korekan aman banget bro 5 th juga gk bakal jebol walau pemakaian sering gaspoll klo oli mesin nya rutin,tapi biar lebih gahar porting polish bro in 3 mm ex 1-2 mm,bubut mangkok magnet,remer karbu amplas bagian atas 0,8 mm kanan kiri 0,3 - 0'5 + bikin power jet ,lepas saringan+ tambah lobang box filter di jamin bisa barengin fu sdt ting ting
BalasHapusGan.
BalasHapusUkuran standar diameter lingkaran crncase revo abs brapa mm sebelum d gdein?
Trus bisa d jejelin pke boring ukuran brp biar bisa make sher gde.
Thnks
Kalo rengkes mentok 60 kalo gk salah , rengkes saya sudah di mentok"in jadi 60
HapusMotor saya revo 110 injeksi om, apa bisa bore up harian pake cara di atas ??
HapusBang klo udh dicoak rengkesnya klo pake blok standar lagi bisa & aman ngga bang?
HapusSpuyernya semua merk bisa masuk ato nggak sih?
BalasHapusIni lokasinya dmana gan? Buat ohb ane
BalasHapusMas itu busi nya bukan iridium yaa ? Busi yang iridium saya cari kok harganya 100 keatas semua
BalasHapusKalo supra x 125 itu berapa ka kalo bore up biar aman buat harian ?
BalasHapusKlo udh di bore up semuany kira kira ganti oliny berkali per bulan ua supaya gk telat?
BalasHapusNgasih saran gan,motor ane udah pakek per klep swedia,noken ganti racing sama ane makek piston kaze diameter 53 tapi blom boring trus karbu pakek PE28,kalau mau makek kayak punya saya lawan2 fu udah bisa gan
BalasHapusNoken racing pakai apa gan
HapusBG kalo pake kz std gak ganti boring atau bambunya kan?
HapusNgasih saran gan,motor ane udah pakek per klep swedia,noken ganti racing sama ane makek piston kaze diameter 53 tapi blom boring trus karbu pakek PE28,kalau mau makek kayak punya saya lawan2 fu udah bisa gan
BalasHapusApakah aman pake harian om pake sehr kaze tanpa ganti boring?
HapusApakah aman pake harian om pake sehr kaze tanpa ganti boring?
HapusMaaf gan itu klep nya standar apa udah d gedein gan
HapusMaaf gan saya mau tanya dong saya punya absolute Revo 110cc dah di bore up seher pake Kaze standar,strukan 5mm CC nya jadi berapa ya gan ... !!!
BalasHapusKalo set nya tepat bisa naik 125cc
HapusKalo set nya tepat bisa naik 125cc
HapusSiapa yang bisa oprek revo saya ya om, saya di bekasi,, terima kasih
HapusGan minta saran buat gtx standaran honda blade yg udah ngalamin
BalasHapusBang mau konsultasi nih bang punya saya revo fit 2013 masih std original semua kalau karbu saya pake PE TDR,noken kawahara, porting in ex, kliatannya aman nggak bang #Salam dari JawaTengah,Lereng Lawu
BalasHapusJika pakai piston 52 mm pemamakaian jupiter z tinggal pasang apa harus papas dulu jenongan nya gan
BalasHapusKalo pake kz 100 gimana gan? Kata mekanik aku bisa gan
BalasHapusMau tanya gan untuk perangkat kampas kopling belinya dimana ya 🙏 kalo online namanya apa bang
BalasHapusMass klo mau naik cc130 harian apa aja yg harus di ganti dan brapa biaya yg harus di siap kan??
BalasHapusGanti sehernya punya vario 125 aja bang+porting+cam noken+karbu std pj mj ganti gedean
HapusMotor saya lg di garap semoga lancar
BalasHapusBang ini blade 110 saya spek porting,noken k1,seher ukuran 55,25 jenong kalau seher dinaikin ke blitz joy masih jauh ndak sama sundukan
BalasHapusAbsolute saya udah stroke 3mm seher pakai kaze os 150
BalasHapusPer klep std,rumah kopling std,karbu supra 125 atau kharisma,cdi pakai DSK unlimer,koil std,porting,gear 30/14,roller keteng pakai punya supra125/kharisma
Alhamdulillah pemakaian udah 4 tahun tetep aman gaada baret2nya di sekitar sehernya
Gmn gan lariin Revo saya supaya kenceng harus d ganti apa
BalasHapusBang ane punya blade 110 mau ganti intek biar bisa pake karbu 24/26 selain aftermarket, pake punya apa lagi ya yang bawaan motor, apa bisa pake inteknya vario?
BalasHapusTanya nih,saya naik stroke 3mm dan piston 52 tapi semua masih std.kok bunyinya kletek² itu apanya.?
BalasHapusGak ada contak personnya yah bang,?kalau ada boleh minta,?
BalasHapusIya bang bagi kontak nya dong
BalasHapusBang ganti oli setiap beberapa Bulan sekali Bang?
BalasHapusBang mau nanya ,kalau hanya ganti per klep dan juga noken as nya aja gimana bang? Soalny motor gua mau tak pasang kopling ,,mohon saranny bang
BalasHapusCDI nya pakek yg dual band bisa ngak di motor setandar
BalasHapusKalo liner ori pake piston 53 berapa bang sisa tebel linernya tahankah bust harian Dan konprensi tinggi
BalasHapusSaya mau naik ke 54 itu harus ganti apa aja ya gan?
BalasHapusganti liner gan sisa 1mm yang pasti jebol
HapusBang buat maen track pendek bisa gak ?
BalasHapussaya kmren mau pasang per klep smash di blade saya tp retainer nya pake standar kok ga masuk ya? apa kalo mau pake per klep smash harus ganti pake retainer smash juga?
BalasHapusItu crankes nya di bubut tidak?
BalasHapusJika blade os 150 masuk kah piston jupiter 50 apakah tidak
BalasHapusBang Revo 110 kalo Pake Piston std Karisma masih aman ga ?
BalasHapusLokasi om
BalasHapusBerapa ukuran panjanya nya as persneling Revo absolute 110 bosku
HapusKalau ukuran as gigi Revo absolute 110 brph panjang nya
BalasHapusMaluku
BalasHapus