Yang Lainnya . . .

Bore Up Harian Honda Blade 110/Revo 110

   Motor seribu satu rakyat, banyak peminatnya. Terkenal irit, bandel dan bertenaga. Tapi tidak sedikit diantara mereka yang masih kurang puas. Mesin masih di oprek alias di bore up naik piston. Kali ini Admin SCUT akan memberikan tips dan info tentang bore up aman dengan kapasitas mesin yang sederhana dan biaya terjangkau. Dan masih aman untuk di bawa harian dan touring.

Part Kit Karburator
   Pilot Jet standard Honda Revo 110 atau Blade 110 bernomorkan 35. Cukup naikan menjadi 38. Untuk Main Jet standard Revo 110 atau Blade 110 bernomorkan 88, naikan menjadi 90.

Spuyer Pilot Jet dan Main Jet Revo 110/Blade 110
   Lalu jangan lupa untuk menggantikan Nozzle Main Jet standard Revo 110 / Blade 110 menggunakan Nozzle milik Yamaha Mio. Di pilih nozzle Yamaha Mio karena lubang nozzle lebih banyak daripada nozzle standard Revo 110/Blade 110. Biaya total keseluruhan untuk part kit sekitar 100ribu sampai 150ribu.

Nozzle Mio lebih banyak lubangnya daripada milik Revo 110/Blade 110

Manifold.
   Manifold intake atau biasa di sebut leher angsa di reammer atau di perbesar lubangnya dengan tuner. Kurang lebih di perbesar 2,5mm untuk harian. Biaya pengerjaan ini tergantung bengkel, dari 25ribu-50ribu.
Perbesar lubang manifold menggunakan tuner
Head Silinder
   Head silinder bagian utama pembakaran dan pembuangan. Cukup menggantikan per klep standard Revo 110/Blade 110 dengan menggunakan per klep Suzuki Smash yang berharga 120ribu sepasang.
Per klep Suzuki Smash menjadi pilihan

   Lubang IN dan EX pada head silinder juga ikut di perbesar dengan tuner. Besar lubang sama dengan manifold yaitu 2,5mm perbesarnya. Biaya pengerjaan ini total semua antara 100ribu-150ribu.


   Untuk klep dan noken as, masih optional. Boleh di ganti dengan klep yang lebih besar dan noken di ganti dengan aftermarket atau dibubut. Tapi kali ini Admin SCUT hanya menggunakan ukuran klep standard dan noken standard. Karena di yakinkan masih nyaman buat harian dan touring.

Piston
   Silinder Honda Revo 110/Blade 110 memiliki boringan yang tebalnya 5mm. Piston standard Revo 110/Blade 110 memiliki ukuran 50mm. Supaya aman dan masih bisa di gunakan untuk harian dan tidak overheat (kepanasan). Banyak pilihan piston yang bisa di gunakan. Tapi batasannya hanya sampai piston ukuran 52mm untuk harian aman.

   Bisa menggunakan piston berukuran 51mm yaitu piston Honda Revo 110/Blade 110 oversize 100. Piston Jupiter Z 51mm oversize 0. Piston vario 110 oversize 100. Jika menggunakan piston berukuran 51mm, kapasitas mesin naik menjadi 115cc.
Piston Standard Revo110/Blade 110 berukuran 50mm
   Batas aman pada bore up harian Honda Revo 110/Blade 110 yaitu menggunakan piston 52mm. Bisa menggunakan piston jupiter Z oversize 100. Atau piston aftermarket seperti CLD dan NPP. Kali ini Admin SCUT menggunakan piston berukuran 52mm dengan harga antara 120ribu-160ribu per satu set piston. Jika menggunakan piston berukuran 52mm, kapasitas mesin menjadi 120cc.
Piston NPP set menjadi pilihan
Dan biaya korter perbesar silinder piston seharga antara 40ribu-60ribu.

CDI
   Pengapian pada CDI menggunakan CDI aftermarket yaitu BRT hyperband untuk harian. Seharga 450ribu-550ribu.
CDI BRT Hyperband yang bergeser batas limit nya
Kepala busi
Kepala busi atau cangklong busi menggunakan punya Yamaha Mio. Terbukti fokus memberikan semburan api dan tidak goyang. Selain itu kepala busi Mio aman dari air. Harga kepala busi orisinil Yamaha Mio seharga 20ribu-35ribu.
Cangklong Busi Mio anti kemasukan air dan anti goyang
Busi Iridium
   Gunakan Busi Racing bertaraf Iridium atau Platinum. Dan ada kode berhurufkan R atau yang di maksud Resistor. Harga busi racing per unit antara 20ribu-35ribu.
Busi TDR iridium

Oli Mesin
   Gunakan oli mesin bertakaran dingin. Seperti 15W-50 atau 20W-50. Untuk menghindari overheat.

Knalpot
   Banyak knalpot racing aftermarket, gunakan knalpot aftermarket yang sudah teruji dan terjamin. Pastikan leher knalpot yang di gunakan besar. Ukuran leher knalpot standard berukuran diameter 24-25mm. Gunakan knalpot racing aftermarket atau handmade (bobokan) dengan leher yang besar, berdiameter 26-28mm.
Banyak pilihan knalpot racing yang di rekomendasikan

   Bertujuan untuk melepas semua tenaga pada dapur pacu dan pastikan tekukan pada leher knalpot paling banyak hanya 2 tekukan. Karena semakin banyak tekukan leher knalpot maka semakin berat keluarnya pembuangan. Seperti pada leher knalpot standard Revo 110/Blade 110.

Knalpot standard Revo110/Blade110 lehernya memiliki 3 tekukan

Gir Akhir
   Jika ban yang di gunakan masih ban ukuran standard yaitu 70/90-17 untuk depan dan 80/90-17 untuk belakang. Gir yang di gunakan antara 35/14 sampai 37/14. Gir belakang berukuran 35 bisa menggunakan dari Honda Supra 125 seharga antara 110ribu-130ribu per set.

Gir set milik Supra 125 berukuran 35/14-420
Perseneling
   Pada perangkat kopling untuk Honda Revo 110/Blade 110 saat ini ada perangkat kopling set dari merk SyS. Pada dasarnya kopling standard Revo 110/Blade 110 tidak menggunakan per melainkan menggunakan diagfragma.
Rumah kopling diafragma
   Sebenarnya kopling plat diagfragma masih memumpuni kapasitas mesin yang sudah di bore up harian. Tapi ada baiknya di ganti dengn merk SyS yang menggunakan 6 per dan 4 kampas kopling agar lebih menggigit. Rumah kopling SyS ini seharga 370ribu.
Rumah kopling SYS 6 per dan 4 kampas kopling

   Jika ingin lebih maksimal, bisa menggunakan bak kopling manualnya juga dari SyS yang seharga 350ribu-400ribu.

Bak kopling manual untuk Revo 110/ Blade 110

Setting klep
   Jika sudah semua terpasang, setting ulang klep motor Anda sesuai kebutuhan. Selain itu tetap menggunakan bahan bakar Pertamax.
Daftar setting klep untuk Blade 110/Revo 110

Total modal maksimal yang di butuhkan sebagai berikut.
Part Kit 150ribu
Perbesar manifold 50ribu
Per klep Suzuki Smash 120ribu
Perbesar In dan Ex 150ribu
Piston 52mm 160ribu
Biaya Korter silinder 60ribu
CDI BRT Hyperband 500ribu
Kepala busi 35ribu
Rumah kopling SyS 370ribu
Bak kopling manual 400ribu

   Untuk oli, knalpot dan gir itu masih optional atau tergantung pilihan. Harga dan biaya yang di tampilkan adalah biaya termahal, jika ada yang lebih mahal dari Admin SCUT berikan, berarti mekanik Anda ingin cepat-cepat segara naik haji. (SCUT)

91 komentar:

  1. Berapa persen kenaikan tenaga om dengan semua perubahan itu?

    BalasHapus
  2. Saya ingin mencoba teknik agan ini, yg ingin saya tanyakan, repair kit karbu yg cocok untuk revo 110 ini menggunakan merk apa dan belinya dmn?
    dr standar 35/88 menjadi 38/90.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan udah dikasih tau di atas...pake punya mio

      Hapus
    2. Kan udah dikasih tau di atas...pake punya mio

      Hapus
    3. Perlu di reamer gak gan? atau repairkit Mio sudah Pnp di karbu standar blade.
      Tks ya Gan, Artikelnya

      Hapus
  3. Apa cara ini tidak membuat mesin jebol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab : jebol atau enggak tergantung gimana pemakaiannya sih gan, sama oli ga bisa telat.

      Motor ane revonya pake piston 53mm ga ada masalah kok.
      Hehe

      Hapus
    2. Klo pake piston 53mm ngerubah boring gk gan apa di korter ajah

      Hapus
    3. Kalo pake 53 belum ganti boring... sy skrg udh ganti boringan kaze 0 n gedein crankcase jarak sama tusuk sate 2 ml.. yang penting oli rus rutin.

      Hapus
    4. Pake piston 53 apa perlu bubut crankshaft?

      Hapus
    5. Gan apa kah bore up revo jadi 130cc harus ganti karburator?

      Hapus
    6. Gan kalo naik jadi 54 itu harus ganti apa aja ya gan?

      Hapus
    7. klo naik ke 54,5 punya ane pake karbu pwk 30,oli motul,gir 14/35, cdibrt imax 24step,klep std, peer klep mio,ban depan blkang ukuran 70/80 80/90 masih awet gan sampe sekarang uda ada 6bulan lebih ga pke radiator, yangpenting satu bulan rutin ganti oli mwehehehe

      Hapus
  4. om, penggantian pilot jet dan main jet yang lebih gede itu tinggal pasang aja atau harus ngebor karburatornya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal pasang aja om.. Karna yg ngebedain itu hanya lobang tengahnya aja..

      Hapus
    2. Tinggal pasang aja om.. Karna yg ngebedain itu hanya lobang tengahnya aja..

      Hapus
    3. Pernah sy coba,spuyer gk bs lngsung pasang,hrs nge drat ukurnya dl baru mau masuk itu spuyer.jgn2 yg nulis artikel gk prnh nyoba sndiri modifikasi ini,atau bs jd ini artikel copas.

      Hapus
    4. Pernah sy coba,spuyer gk bs lngsung pasang,hrs nge drat ukurnya dl baru mau masuk itu spuyer.jgn2 yg nulis artikel gk prnh nyoba sndiri modifikasi ini,atau bs jd ini artikel copas.

      Hapus
    5. Ah masa sih, spuyer gw pake pnp kok, ga pake ngedrat ulang

      Hapus
  5. Gan, ane udah boreup gunain os jupiter z, trus tgal pasang aj atau harus bagiqn tepi piston harus d papas?

    BalasHapus
  6. Motor saya sudah pakai seher Kaze 0 (53mm) masih aman buat harian gan.
    Yg penting oli ga telat aja kok. Kalo bisa pake oli mobil. Hehe

    Karbu coba pake Arashi, makin manteb tuh tarikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener gan bisa pakein oli mobil?

      Hapus
    2. Bener gan bisa pakein oli mobil?

      Hapus
    3. Klo pake ukuran 53 itu corter atau ganti boring?

      Hapus
  7. Kalo motornya injeksi, bisa di terapin cara di atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw injeksi,,ganti aja gan pistonx pk punya vario 110 biar dongkrak kompresi dikit.
      Biar enak ecm pk juken brt,cam pk kawahara aja k1 knalpot ganti racing

      Hapus
    2. abang posisi dmn.. klo gitu tolong garapin revo.ku

      Hapus
  8. Om mau nanya nih om motor saya pake gaze gocap nih tapi pengen naik pake blizt joy cepe om buat harian gimana yaa om, mohon masukan nya dong om

    BalasHapus
  9. Klw utk spuyer klw cm sebatas ovz 100 g perlu ganti...standar aj cukup.
    Kalau piston bagusx pk vario 110 biar langsung plek klwpun pk jupiter yg ad harus samain coakan klep dan bila mana pantat piston kpanjangan harus di potong.
    Klw ud pk kaze diameter 53 itu ud g bisa naik lagi kecuali bore up ganti liner...53 emang aman di pake tp mesin bisa overheat ap lg klw oli kurang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Revo absolute ane udah OS 100 pake piston beat merk RKN, putaran atas suhu mesin panas banget bro, ujung busi/elektroda nya berwarna putih, tanda terlalu irit. Gmn solusiny?

      Hapus
  10. Kalo pakai pistonkaze langsung plek ato masih harus ngepasin kaya jupiter z

    BalasHapus
  11. Kalo pakai pistonkaze langsung plek ato masih harus ngepasin kaya jupiter z

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending pake piston revo ori honda tp oversize 100 gan tinggal pnp

      Hapus
  12. Gan pilot jet dn main jet nya mio yang tipe apa?

    BalasHapus
  13. Thanks SCUT info.Nya...tpi saya mau pake knalpot R9 klo piston honda supra 125 gman...bro aman ga... Pling buat jarak max pergi 50Kilo aman ga bro 125cc

    BalasHapus
  14. kalau.mw ganti karbu pe, mending pke yang 24 apa yang 28 gan? soalnya piston suda pakai punya vario os 100 dan per klep pake per sogun

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending pake pe 24 bang, kalo cc nya masih di bawah 150 cc...

      Hapus
  15. Klo mau bore up tanpa harus gantu kopling manual dan tanpa ganti knalpot racing gimana tuh? Jd kyk motor cupu tp pas diajak balap minder yg lain. Wkwkwk. Mohon dibalas. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan cuman memaksimalkan aja dan seduai selera pemakai gan. Punyaku udah ganti kopling kharisma gak pake kopling manual .knalpot juga madih standart juga oke tenaganya

      Hapus
    2. Itu kan cuman memaksimalkan aja dan seduai selera pemakai gan. Punyaku udah ganti kopling kharisma gak pake kopling manual .knalpot juga madih standart juga oke tenaganya

      Hapus
  16. Ini korekan aman banget bro 5 th juga gk bakal jebol walau pemakaian sering gaspoll klo oli mesin nya rutin,tapi biar lebih gahar porting polish bro in 3 mm ex 1-2 mm,bubut mangkok magnet,remer karbu amplas bagian atas 0,8 mm kanan kiri 0,3 - 0'5 + bikin power jet ,lepas saringan+ tambah lobang box filter di jamin bisa barengin fu sdt ting ting

    BalasHapus
  17. Gan.
    Ukuran standar diameter lingkaran crncase revo abs brapa mm sebelum d gdein?
    Trus bisa d jejelin pke boring ukuran brp biar bisa make sher gde.
    Thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo rengkes mentok 60 kalo gk salah , rengkes saya sudah di mentok"in jadi 60

      Hapus
    2. Motor saya revo 110 injeksi om, apa bisa bore up harian pake cara di atas ??

      Hapus
    3. Bang klo udh dicoak rengkesnya klo pake blok standar lagi bisa & aman ngga bang?

      Hapus
  18. Spuyernya semua merk bisa masuk ato nggak sih?

    BalasHapus
  19. Mas itu busi nya bukan iridium yaa ? Busi yang iridium saya cari kok harganya 100 keatas semua

    BalasHapus
  20. Kalo supra x 125 itu berapa ka kalo bore up biar aman buat harian ?

    BalasHapus
  21. Klo udh di bore up semuany kira kira ganti oliny berkali per bulan ua supaya gk telat?

    BalasHapus
  22. Ngasih saran gan,motor ane udah pakek per klep swedia,noken ganti racing sama ane makek piston kaze diameter 53 tapi blom boring trus karbu pakek PE28,kalau mau makek kayak punya saya lawan2 fu udah bisa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noken racing pakai apa gan

      Hapus
    2. BG kalo pake kz std gak ganti boring atau bambunya kan?

      Hapus
  23. Ngasih saran gan,motor ane udah pakek per klep swedia,noken ganti racing sama ane makek piston kaze diameter 53 tapi blom boring trus karbu pakek PE28,kalau mau makek kayak punya saya lawan2 fu udah bisa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah aman pake harian om pake sehr kaze tanpa ganti boring?

      Hapus
    2. Apakah aman pake harian om pake sehr kaze tanpa ganti boring?

      Hapus
    3. Maaf gan itu klep nya standar apa udah d gedein gan

      Hapus
  24. Maaf gan saya mau tanya dong saya punya absolute Revo 110cc dah di bore up seher pake Kaze standar,strukan 5mm CC nya jadi berapa ya gan ... !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo set nya tepat bisa naik 125cc

      Hapus
    2. Kalo set nya tepat bisa naik 125cc

      Hapus
    3. Siapa yang bisa oprek revo saya ya om, saya di bekasi,, terima kasih

      Hapus
  25. Gan minta saran buat gtx standaran honda blade yg udah ngalamin

    BalasHapus
  26. Bang mau konsultasi nih bang punya saya revo fit 2013 masih std original semua kalau karbu saya pake PE TDR,noken kawahara, porting in ex, kliatannya aman nggak bang #Salam dari JawaTengah,Lereng Lawu

    BalasHapus
  27. Jika pakai piston 52 mm pemamakaian jupiter z tinggal pasang apa harus papas dulu jenongan nya gan

    BalasHapus
  28. Kalo pake kz 100 gimana gan? Kata mekanik aku bisa gan

    BalasHapus
  29. Mau tanya gan untuk perangkat kampas kopling belinya dimana ya 🙏 kalo online namanya apa bang

    BalasHapus
  30. Mass klo mau naik cc130 harian apa aja yg harus di ganti dan brapa biaya yg harus di siap kan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti sehernya punya vario 125 aja bang+porting+cam noken+karbu std pj mj ganti gedean

      Hapus
  31. Motor saya lg di garap semoga lancar

    BalasHapus
  32. Bang ini blade 110 saya spek porting,noken k1,seher ukuran 55,25 jenong kalau seher dinaikin ke blitz joy masih jauh ndak sama sundukan

    BalasHapus
  33. Absolute saya udah stroke 3mm seher pakai kaze os 150
    Per klep std,rumah kopling std,karbu supra 125 atau kharisma,cdi pakai DSK unlimer,koil std,porting,gear 30/14,roller keteng pakai punya supra125/kharisma
    Alhamdulillah pemakaian udah 4 tahun tetep aman gaada baret2nya di sekitar sehernya

    BalasHapus
  34. Gmn gan lariin Revo saya supaya kenceng harus d ganti apa

    BalasHapus
  35. Bang ane punya blade 110 mau ganti intek biar bisa pake karbu 24/26 selain aftermarket, pake punya apa lagi ya yang bawaan motor, apa bisa pake inteknya vario?

    BalasHapus
  36. Tanya nih,saya naik stroke 3mm dan piston 52 tapi semua masih std.kok bunyinya kletek² itu apanya.?

    BalasHapus
  37. Gak ada contak personnya yah bang,?kalau ada boleh minta,?

    BalasHapus
  38. Iya bang bagi kontak nya dong

    BalasHapus
  39. Bang ganti oli setiap beberapa Bulan sekali Bang?

    BalasHapus
  40. Bang mau nanya ,kalau hanya ganti per klep dan juga noken as nya aja gimana bang? Soalny motor gua mau tak pasang kopling ,,mohon saranny bang

    BalasHapus
  41. CDI nya pakek yg dual band bisa ngak di motor setandar

    BalasHapus
  42. Kalo liner ori pake piston 53 berapa bang sisa tebel linernya tahankah bust harian Dan konprensi tinggi

    BalasHapus
  43. Saya mau naik ke 54 itu harus ganti apa aja ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti liner gan sisa 1mm yang pasti jebol

      Hapus
  44. Bang buat maen track pendek bisa gak ?

    BalasHapus
  45. saya kmren mau pasang per klep smash di blade saya tp retainer nya pake standar kok ga masuk ya? apa kalo mau pake per klep smash harus ganti pake retainer smash juga?

    BalasHapus
  46. Itu crankes nya di bubut tidak?

    BalasHapus
  47. Jika blade os 150 masuk kah piston jupiter 50 apakah tidak

    BalasHapus
  48. Bang Revo 110 kalo Pake Piston std Karisma masih aman ga ?

    BalasHapus
  49. Balasan
    1. Berapa ukuran panjanya nya as persneling Revo absolute 110 bosku

      Hapus
  50. Kalau ukuran as gigi Revo absolute 110 brph panjang nya

    BalasHapus

Menurut Anda